Islamic Calendar

sss

Free Shoutbox Technology Pioneer

iklan

XtraUang dotcom Cara Termudah Mendapatkan Uang Rp. 100.000 s/d Rp. 500.000!

Sabtu, 02 Januari 2010

peradaban islam pada Masa Nabi Muhammad SAW




BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Masalah
Secara esensial kehadiaran Nabi Muhammad SAW pada Masayarakat Arab adalah terjadinya kristalisasi pengalaman baru dalam dimensi Ketuhanan yang mempengaruhi segala aspek Kehidupan Masyarakat, termasuk hukum-hukum yang digunakan pada masa itu. Keberhasilan Nabi Muhammad dalam memenangkan kepercayaan bangsa Arab pada waktu yang relatif singkat kemampuannya dalam memodifikasi jalan hidup orang-orang arab. Sebagian dari nilai dan budaya Arab pra Islam, untuk beberapa hal diubah dan diteruskan oleh Masyarakat Muhammad ke dalam tatanan moral Islam. Secara Geologis beliau keturunan Suku Qurays, suku yang terkuat dan berpengaruh di Arab.
Para Nabi yang tergoloang membawa Doktrin Teologis politis diantaranya adalah Nabi-nabi yang bergelar Ulul Azmi, Nabi Muhammad termasuk bagian. Ini karena selain mengajarkan Nilai-nilai Islam yang bersifat Aksensis (Keakhiratan) beliau juga beserta Umatnya menata kekuatan guna mengambil alih peran kepemimpinan dan pemerintahan orang-orang Qurays. Peran ini sangat Dominan terutama pada saat berada di Madinah sehingga dakwah beliau berhasil dan masih bertahan sampai saat sekarang ini.
B.Rumusan Masalah
Dalam Bab ini akan coba kita bahas dan kita jelaskan beberapa poin mengenai peradaban islam pada Masa Nabi Muhammad SAW khususnya Periode Madinah yaitu:
1.Pembentukan Negara Madinah
2.Peletakan asas-asas ekonomi dan Sosial
3.Peperangan Nabi Muhammad Periode Madinah.
C.Tujuan Masalah
Dengaan penulisan makalah ini semoga kita semua dapat mengerti perbedaan islam pada masa Nabi khususnya Periode Madinah. Dan apa saja yang berkaitan dengan dakwah beliau langkah-langkah awal memasuki Madinah .
BAB II
PEMBAHASAN

a.Pembentukan Negara Madinah
Setelah Nabi SAW tiba dan diterima oleh Penduduk Yatsrib, Nabi resmi menjadi Pemimpin Penduduk Kota itu, kemudian Beliau merubah nama kota Yatsrib menjadi Madinah.
Mengomentari perubahan nama kota Yatsrib menjadi Madinah, dalam Pandangan Nurkholis Madjid, bahwa agenda-agenda politik kerasulan telah diletakkan dan beliau sebagai utusab Allah, kepala Negara, komandan tentara, dan pemimpin kemasyarakatan.semua yang dilakukan oleh Nabi SAW. Dikota Hijrah itu merupakan refleksi dari ide yang terkandung dalam perkataan Arab Madinah, yang secara etimologis berarti tempat peradaban, yaitu padanan perkataan Yunani Polis, seperti dalam nama kota Constantinopel) dan Madinah dalam arti itu sama dengan Hadzarah dan tsaqoroh, yang masing-masing sering diterjemahkan, berturut-turut peradaban dan kebudayaan, tetapi secara etimologis mempunyai arti pola kehidupan yang menetap sebagai lawan Badawah yang medmpunyai arti pola kehidupan mengembara, Nomad. Oleh karena itu perkataan madinah, dalam istilah modern menunjuk pada pengertian semangat dan pengertian Civil Society, suatu istilah Inggris yang berarti. ”Masyarakat sopan, beradab dan teratur” dalam bentuk Negara yang baik. Dalam arti inilah harus dipahami kata-kata Hikmah dalam Bahasa Arab, (Al-insanu madaniy-un bi ath-thab’-i) manusia menurut Naturnya adalah bermasyarakat berbudaya” merupakan padanan adagium terkenal Yunani bahwa Manusia adalah Zoom politicion1.

b.Peletakan Asas-Asas Ekonomi Dan Sosial
Dalam rangka memperkokoh Masyarakat dan Negara baru itu, Beliau segera meletakan dasar-dasar kehidupan Masyarakat.
Dasar yang pertama, Pembangunan masjid, selain untuk tempat Shoalt, juga sebagai sarana penting untuk mempersatukan kaum Muslimin dan mempertalikan Jiwa mereka. Selain sebagai tempat Musyawarah dan tempat memperundingkan masalah-masalah yang dihadapi. Masjid pada masa Nabi juga berfungsi sebagai pusat pemerintahan.
Dasar yang kedua, adalah Ukhuwah Islamiyyah. Persaudaraan sesama Muslim. Nabi mempersaudarakan antara golongan Muhajirin, golongan yang hijrah ke Madinah dan golongan Anshor, Penduduk Madinah yang sudah memeluk agama Islam, dan ikut membantu kaum Muslimin tersebut. Dengan demikian diharapkan sesama muslim merasa terikat dalam satu persaudaraan dan kekeluargaan. Apa yang dilakukan oleh Rasulullah itu adalah suatu bentuk persauadaraan yang baru, yaitu persaudaan berdasarkan agama. Menggantikan persaudaraan berdasarkan darah.
Dasar yang ketiga, hubungan dengan pihak-pihak lain yang tidak beragama islam. Di Madinah disamping golongan umat Islam juga terdapat golongan arab Yahudi dan orang-orang arab masih menganut agama nenek moyang mereka. Agar stabilitas dapat diwujudkan, Nabi Muhammad SAW, mengadakan perjanjian dengan mereka. Sebuah piagam yang menjamin kebebasan beragama orang-0rang Yahudi sebagai suatu komunitas yang dikeluarkan. setiap golongan masyarakat mempunyai hak tertentu dalam bidang politik dan keagamaan. Kemerdekaan beragama dijamin, dan seluruh anggota Masyarakat berkewajiban mempertashankan serangan Negri itu dari serangan luar2. Dalam perjanjian itu jelas bahwa Rasulullah menjadi kepala kepemerintahan karena sejauh menyangkut peraturan dan tata tertib umum, otoritas mutlak diberikan kepada beliau. Dalam bidang sosial beliau juga meletakan dasar persamaan sesame manusia. Perjanjian ini dalam ketatanegaraan sekarang, sering disebut sebagia Konsitusi Madinah.

c.Peperangan Nabi pada Periode Madinah
1.Perang Badar
Perang pertama yang sangat menentukan masa depan Negara Islam ini adalah perang Badar, perang antara kaum Muslimin dengan kaum Musyrik Qurays. Pada tanggala 8 Ramadhan tahun kedua hijriah, Nabi bwersama 305 orang kaum Muslimin keluar membawa peralatan yang sedrhanadiadaerah badar kurang lebih 120 Km dari kota Madinah, pasukan Nabi bertemu dengan pasuakan Qurays yang jumlahnya 900 sampai 1000 orang. Nabi sendiri memegang komando. Dalam perang ini kaum Muslimin keluar sebagi pemenang. Nmun orang-orang Yahudi Madinah tidak senang. Mereka memang tidak sepenuh hati menyepakati perjanjian antara mereka dengan Nabi.

2.Perang Uhud
Bagi kaum Kurays Makkah, kekalahan mereka dalam perang Badar merupakan pukulan berat. Mereka bersumpah dan akan membalas dendam. Pada tahun 3 H, mereka berangkat menuju Madinah membawa tidak kurang dari 3000 pasukan berkendaraan unta dan 200 pasukan berkuda dibawah pimpinan Kholid bin Walid, 700 orang diantara mereka memakai baju besi. Nabi Muhammad menyongsong kedatangan mereka dengan seribu orang, namun baru saja melewati batas kota, Abdullah ibn Ubay seoarang Munafik Yahudi dengan 300 orang membelot dan kembali ke3 Madinah. Mereka melanggar perjanjian dan disiplin perang. Namun demikian dengan 700 pasukan yang tertinggal Nabi melanjutkan perjalanan. Beberapa kilo meter dari kota Madinah. Tepatnya dibukit Uhud, kedua pasukan bertemu. Perang dahsyatpun berkobar. Pertama-tama, prajurit-prajurit Islam dapat memukul mundur tentara musuh yang lebih besar itu. Pasukan berkuda yang dipimpin oleh Kholid ibnu Walid gagal menembus benteng pasukan pemanah Islam. Kemenangan yang sudah diambang pintu ini tiba-tiba gagal karena godaan harta peninggalan musuh. Prajurit Islam mulai memungut harta rampasan perang tanpa menghiraukan gerakan musuh, termasuk didalamnya anggota pasukan pemanah yang telah diperingatkan Nabi agar tidak meninggalakan posnya. Kelengahan kaum muslimin ini di manfaatkan dengan baik oleh musuh. Kholid bin Walid berhasil melumpuhkan pasukan pemanah Islam. pasukan Islam menjadi porak- poranda dan tidak mampu menangkis serangan tersebut. Perang ini berahir dengan 70 orang pejuang Islam syahid di medan laga. Pengkhianatan Abdullah ibn Ubay dan pasukan Yahudi diganjar dengan tindakan tegas. Bani Nadzir, satu dari dua suku Yahudi di Madinah yang berkomplot dengan Abdullah ibn Ubay. Diusir keluar kota, kebanayakan mereka mengungsi ke Khaibar. Sedangkan susku nYahudi lainnya, yaitu Bani Quraydzah, masih tetap dimadinah.
3.Perang Khondaq
Masyarakat yahudi yang mengungsi ke Khaibar itu kemudian mengadakan kontak dengan masyarakat mekah untuk menyusun kekuatan bersama guna menyerang Madinah. Mereka membentuk pasukan gabungan yang terdiri dari 24.000 orang tentara. Didalamnya juga bergabung beberapa suku Arab lain. Mereka bergerak menuju Madinah pada tahun 5 H. Atas usul Salman al-Farisi, Nabi memerintahkan umat islam menggali parit untuk pertahanan. Setelah tentara sekutu tiba, mereka tertahan oleh parit itu. Namun, mereka mengepung Madinah dengan mendirikan kemah-kemah di luar parit hampir sebulan lamanya. Perang ini disebut Khandaq (parit). Dalam suasana keritis itu, orang-orang yahudi Bani Quraizah di bawah pimpinan Ka’ab bin Asad berkhianat. Hal ini membuat umat Islam makin terjepit. Setelah sebulan pengepungan, angin dan badai turun amat kencang, mengahantam dan menerbangkan kemah-kemah dan seluruh perlengkapan tentara sekutu. Mereka terpaksa menghentikan pengepungan dan kembali ke negri masing-masing tanpa hasil apapun. Sementara itu, pengkhianat-pengkhianat Yahudi Bani Quraizah dijatuhi hukuman berat, hukuman mati.
4.Perjanjian Hudaybiyyah
Pada tahun 6 H, ketika ibadah haji sudah disyariatkan, Nabi memimpin sekitar seribu kaum muslimin nerangkat ke Mekah, bukan untuk berperang, melainkan untuk melakukan ibadah Umrah. Karena itu, mereka mengenakan pakaian ihram tanpa membawa senjata. Sebelum tiba di Mekah, mereka berkemah di Hudaybiyyah, beberapa kilometer dari Mekah. Penduduk Mekah tidak mengizinkan mereka masuk kota. Akhirnya, diadakan perjanjian yang dikenal dengan nama Perjanjian Hudaybiyyah Yang isinya antara lain : (1) kaum muslimin belum boleh mengunjungi Ka’bah tahun ini tetapi ditangguhkan sampai tahun depan, (2) lama kunjungan dibatasi sampai tiga hari saja (3) kaum muslimin wajib mengembalikan orang-orang Mekah yang melarikan diri ke Madinah, sedang sebaliknya pihak Quraisy tidak harus menolak orang-orang Madinah yang kembali ke Mekah, (4) sebelum sepuluh tahun diberlakukan genjatan senjata antara masyarakat Madinah dan Mekah, dan (5) tiap kabilah yang ingin masuk ke dalam persekutuan kaum Quraisy atau kaum muslimin, bebas melakukannya tanpa mendapat rintangan.18 Kesediaan orang-orang Perjanjian Hudaybiyyah ternyata menjadi senjata bagi umat Islam unttuk memperkuat dirinya. Oleh karena itu, secara sepihak orang-orang kafir Quraisy membatalkan perjanjian tersebut. Melihat kenyataan ini, Rasulullah segera bertolak ke Mekah dengan sepuluh ribu orang tentara untuk melawan mereka. Nabi Muhammad tidak mengalami kesukaran apa-apa dan memasuki kota Makah tanpa perlawanan. Beliau tampil sebagai pemenang. Patung-patung berhala diseluruh negri dihancurkan. Setelah itu, Nabi berkhotbah menjanjikan ampunan Tuhan terhadap kafir Quraysy. Sesudah khotbah disampaikan, mereka datang berbondong-bondong memeluk agama Islam. Sejak itu, Mekah berada di bawah kekuasaan Nabi.















BAB III
KESIMPULAN
Dari paparan di atas dapat kita simpulkan bahwa ketika Nabi berdakwah menyebarkan dan memajukan islam banyak dipenuhi dengan berbagai peperangan sampai beliau hijrah ke Madinah babak baru dalam Islam dimulai,islam mulai melebarkan kekuasaan terutama pada fase Madinah Islam menapakan kekuatan politik yang diperhitungkan ajaran Islam yang berkenaan dengan kehidupan masyarakat banyak turun di Madinah Nabi Muhammad mempunyai kedudukan bukan saja sebagai kepala agama namun juga sebagai kepala Negara yang bijaksana dan dicintai rakyat beliau, tentunya karena kesempurnaan beliau dalam memposisikan diri.
Dalam rangka memperkokoh masyarakat dan Negara baru, Nabi meletakan dasar-dasar kehidupan bermasyarakat yaitu.
Pembangunan masjid Nabawi
Ukhuwah Islamiyah
Piagam Madinah


Peperangan di Periode Madinah
Perang Uhud
Perang Badar
Perang Khondaq
Perjanjian Hudaybiyyah













DAFTAR PUSTAKA


1.Yatim, Badri, sejarah peradaban Islam
Jakarta, PT Rajawali grafinda persada, 2000.

2.Supriadi, Dedi sejarah peradaban Islam
Bandung, CV Pustaka Setia.

3.Nurcholis Majid. Islam Doktrin dan sejarah peradaban
Jakarta, paramadina, 1992.

4.Harun Nasution, Islam di tinjau dari berbagai aspek Jilid II, Jakarta :UI Press 1986.

Seja o primeiro a comentar

About Me

Foto saya
saya hanya orang yang ingin menjadi orang yang sukses !!! Santay dg kehidupan hadapi apa adanxa syukuri apa yg ada hidup adalah anugrah

salam jumpa

assalamualaikum.wr.wb
selamat datang di blog kami smoga bermanfaat amiiin?
wassalamualaikum.wr.wb

new album

new album
senyum manyun

blognya mas bolet ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO